Ada Hakim Memalsukan Data Saksi (Kolom PKY Sumsel Edisi Februari 2024)

Ilustrasi : CNN Indonesia.com

Sampaikan informasi/konsultasi/pertanyaan/tanggapan/saran/kritik anda seputar persidangan dan etika/perilaku hakim di dalam maupun luar dinas kepada : Komisi Yudisial Republik Indonesia Penghubung Wilayah Sumatera Selatan melalui email : penghubungky@gmail.com | fb: Komisi Yudisial Sumsel | twitter: penghubungky | Instagram: komisiyudisialsumsel. Respon akan dimuat setiap 3 pekan

———————————————————————————–

Tolong KY Ikut Awasi Gugatan Kami

Pada tahun 2021 dan 2022, kami mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum kepada perusahaan yang mengklaim tanah kami adalah miliknya. Padahal kami sudah menguasai dan memilikinya disertai sertifikat hak milik sejak tahun 1992. Namun pada gugatan kami tersebut selalu dinyatakan hakim NO. Kini kami ajukan kembali gugatan dan mengharapkan Komisi Yudisial dapat membantu mengawasi jalanan persidangannya. Tolong informasi prosedurnya.

 Pengirim : Zahara di Musi Banyuasin 

Respon:  

Silahkan sampaikan permintaan pemantauan persidangan kepada Komisi Yudisial, yang memuat identitas perkara, majelis hakim, kronologis singkat perkara, dan alasan pentingnya Komisi Yudisial RI memantau perkara tersebut (sampaikan indikasi pelanggaran perilaku hakim jika ada). Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi kami ke alamat kami . (Alamat PKY Sumsel ada di bagian bawah artikel ini).

 Hakim Tidak Patuh pada Jadwal Persidangan

Kami saat ini sedang menjalani persidangan atas perkara perdata. Namun kami sangat dirugikan akibat tidak patuhnya hakim dalam melaksanakan jadwal sidang yang selalu berubah-ubah. Pernah juga tanpa pemberitahuan pengubahan jadwal sidang, tiba-tiba sidang dilaksanakan sore hari, dengan alasan hakim banyak menyidangkan perkara lainnya. Kami sangat dirugikan dan meminta agar hakimnya diganti saja.

 Pengirim : Taufan Sapri di OKU.

Respon:

UU KYRI Nomor 22 Tahun 2004 tidak memberikan kewenangan kepada KYRI untuk mengganti majelis hakim pemeriksa perkara. Kewenangan mengganti majelis hakim yang memeriksa perkara adalah domain pengadilan.

Namun jika perkara yang sedang diperiksa majelis hakim terdapat indikasi pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) dapat dilakukan permohonan pemantauan persidangan atau melaporkan dugaan pelanggaran tersebut. Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi kami ke kantor PKYSumsel. (Alamat PKY Sumsel ada di bagian bawah artikel ini).

Ketua Pengadilan Curang, Bagaimana KY?

KY bisakah melaporkan dugaan kecurangan yang dilakukan ketua pengadilan yang dianggap sengaja tidak melakukan pemanggilan atau aanmaning kepada kami selaku pihak tereksekusi bahwa akan dilaksanakan eksekusi.

Pengirim : Saiful di Pedado, Sumsel

Respon :

Silahkan menyampaikan dalam bentuk surat laporan yang memuat identitas perkara, identitas hakim, kronologis perkara, bentuk dugaan pelanggaran perilaku hakim, foto kopi KTP/SIM/Paspor, dan fotokopi putusan. Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi kami. (Alamat PKY Sumsel ada di bagian bawah artikel ini).

Berkas Diminta yang Asli saat Persidangan 

Perkara kami sedang dalam pemeriksaan agenda bukti surat. Dalam persidangan hakim menerima dokumen penggugat dalam bentuk foto kopi, namun dari pihak kami selaku tergugat diminta yang asli dan harus ada saat persidangan itu berlangsung. Ini sangat tidak adil untuk kami dan kami akan laporkan.

Pengirim : Farizal di Banyuasin.

Respon :

Silahkan menyampaikan dalam bentuk surat laporan yang memuat identitas perkara, identitas majelis hakim, kronologis perkara, bentuk dugaan pelanggaran perilaku hakim, disertai foto kopi KTP/SIM/Paspor, rekaman persidangan/foto/kliping koran (bila ada). Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi kami. (Alamat PKY Sumsel ada di bagian bawah artikel ini).

Hakim Memalsukan Data Saksi

Pada putusan hakim terlihat isinya sangat tidak adil karena selama persidangan hanya ada 1 orang saksi dari pihak tergugat, namun dalam putusan tertulis 3 orang saksi. Gugatan kami dinyatakan ditolak, padahal saat pembacaan putusan gugatan kami diterima sebagian.

 Pengirim : Sinta Indra di Betung Banyuasin.  

Respon:

Putusan hakim yang janggal dapat dilaporkan ke KY bentuk surat laporan, yang memuat identitas perkara, identitas majelis hakim, kronologis perkara, bentuk dugaan pelanggaran perilaku hakim, disertai foto kopi KTP/SIM/Paspor, foto kopi putusan, rekaman persidangan/foto/kliping koran (bila ada). Namun KY tidak memiliki kewenangan mengubah putusan hakim. Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi kantor kami.

 

Informasi lebih lanjut :

Kantor PKY Sumsel di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0711-5734945 (Gedung Baznas, Lt 2 Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya).

 

 

Admin

Media Online From Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *