IWO Sumsel Dilantik Hari ini, Gubernur H Herman Deru akan Hadir Beri Sambutan

Efran, (mengenakan peci hitam) ketua terpilih IWO Sumsel, foto bersama usai terpilih sebagai Ketua IWO Sumsel periode 2022-2027 di Hotel Luminor Palembang, Minggu 24 Mei 2023.

PALEMBANG | KabarSumatera.Com – Gubernur Sumsel, H Herman Deru, MM, dipastikan akan hadir pada pelantikan Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumsel, hari ini, Selasa 4 Juli 2023 Pukul 10.00 WIB di Ruang Bina Praja Pemrov Sumsel. Pengurus IWO Sumsel akan dilantik Pimpinan Pusat (PP) IWO, yang diwakili Sekjen PP IWO, Dwi Christianto, SH, M.Si.

Acara ini, selain Gubernur Sumsel, H Herman Deru, akan hadir juga sejumlah kepala daerah di Sumsel, para anggota dan ketua DPRD di Sumsel, para ketua organisasi profesi wartawan, dan undangan lainnya.

Dari pantauan di lokasi, sejak siang hingga sore kemarin, Senin, 3 Juli 2023, di dalam Ruang Bina Praja dilakukan gladi resik oleh sejumlah panitia dan pembagian seragam IWO Sumsel. Terlihat dua remaja berseragam korps SMA di Sumsel, berlatih mengawal bendara pataka untuk pelantikan.

Sementara, di luar gedung, di depan Ruang Bina Praja Pemprov Sumsel, terpajang puluhan karangan bunga yang berisi ucapan selamat atas pelantikan ketua IWO Sumsel. Pukul 16.30 WIB, panitia kemudian meninggalkan Ruang Bina Praja dan menyiapkan berkas lainnya untuk pelantikan pada Hari Selasa, 4 Juli 2023.

Pelantikan har ini, sekaligus mengawali tugas baru kepengurusan IWO Sumsel periode 2022-2027, yang dipimpin Efran, ketua terpilih pada Musyawarah Bersama Wilayah (Mubeswil) ke-01 tahun 2023 IWO Sumsel di Hotel Luminor Palembang, Minggu 28 Mei 2023.

Kali itu, Efran, yang masih menjadi pelaksana tugas Ketua IWO Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ini, berhasil mengungguli pesaingnya, Ardhi Fitriansyah (Bendahara PW IWO Sumsel). Pada kontestasi internal IWO Sumsel itu, panitia Mubeswii menyiapkan 73 kertas suara.

Namun dari 73 kertas suara yang tersedia, ada 4 kertas suara yang dianggap tidak sah. Praktis, hanya 69 kertas suara yang disahkan panitia dalam pemilihan itu.

Di akhir penghitungan suara, Efran memperoleh 39 suara, sedangkan Ardy Fitriansyah memperoleh 30 suara. Mubeswil, kemudian diakhiri dengan pembacaan SK penetapan ketua IWO terpilih periode 2022-2027 oleh Pimpinan Sidang, Awan Asmara, didampingi panitia lainnya.

Usai terpilih sebagai Ketua IWO Sumsel periode 2022-2027, Efran, didampingi Muhammad Susanto, Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) PD IWO PALI, Adiwinata Ketua PD IWO Ogan Ilir, Ladi Yansyah, Bendahara PD IWO Prabumulih dan Yulie Afriyani wakil sekretaris PW Sumsel, menyerahkan SK penetapan hasil pemilihan ketua IWO Sumsel kepada Pimpinan Pusat (PP) IWO ke Jakarta.

Kali itu, berkas diterima Jodhi Yudhono, Ketua Umum (Ketum), DPP IWO, diampingi Sekjen DPP IWO Pusat, Dwi Christianto, SH, M.Si, di Bulungan Clinic Center (BCC), Jakarta Selatan, Kamis (01/06/23).

Terpilihnya Efran sebagai ketua IWO Sumsel yang baru, kemudian mengundang banyak komentar dari rekan sejawat, mitra dan kolega. Komentar itu salah satunya datang dari Raden Abdurrohman, S.Pd, M.Pd, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten PALI.

Menurutnya, sebagai warga di PALI, Rohman merasa berbangga hati, karena salah satu putra asal daerah PALI ada yang berani bersaing dan memenangi berkompetisi dalam kepemimpinan tingkat provinsi, di organisiasi wartawan online Sumsel.

Kemenangan Efran, menurut Rohman, merupakan salah satu bentuk nyata, putra daerah tidak bisa dipandang remeh. Faktanya, putra daerah PALI bisa memenangi kompetisi IWO Sumsel periode 2022-2027.

“Ini membuktikan, kalau putra daerah asal PALI, mampu bersaing dan bisa menang di persaingan tingkat provinsi. Ini sebuah keberanian dan prestasi PALI yang telah melahirkan putra terbaiknya tampil sebagai pemimpin di tingkat Sumsel,” tegasnya, pekan silam, Selasa (29 Mei 2023) melalui ponselnya.

Komentar lainnya datang dari Anto Narasoma, wartawan senior di Sumsel. Anto yang juga salah satu penyair di Palembang ini lebih menitikberatkan pada penguatan program.

Menurutnya, di masa mendatang IWO Sumsel harus memperbanyak bentuk pelatihan menulis, juga mendorong pentingnya workshop internal di setiap institusi media.

Sebab dengan pola itu, akan dapat menguatkan jati diri setiap personil untuk menjadi wartawan profesional yang akan memahami nilai-nilai dan kode etik jurnalistik, juga Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“IWO itu organisasi untuk menaungi wartawan. Sebagai orang tua, atau orang yang lebih dulu lahir, saya berharap agar ketua terpilih mampu mengajak anggotanya lebih cerdas melalui berbagai program di masa mendatang, termasuk memahami undang-undang dan kode etik jurnalistik,” tegas Anto, melalui WA yang dikirim, pekan silam, Selasa (30 Mei 2023).  

Sementara itu, Syamsudin, Ketua Persatuan Wartawan Reformasi Indonesia (PWRI) Kabupaten PALI sejak awal menilai, Efran memang sudah layak duduk sebagai orang nomor satu di IWO Sumsel. Hal ini terlihat di Kabupaten PALI, kegiatan IWO PALI sangat aktif dalam menjalankan programnya.

“Banyak yang dibuat Efran di PALI. Jadi menurut saya, Efran memang sudah layak kalau duduk sebagai Ketua IWO Sumsel,” ujarnya, pekan silam, Senin (29 Mei 2023).**

TEKS : AHMAD MAULANA | EDITOR : IMRON SUPRIYADI | FOTO : DOK. IWO SUMSEL

Admin

Media Online From Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *