Ada Rekayasa di Kepolisian, Saya Dirugikan (Kolom PKY Sumsel Edisi Juli 2023)

Sampaikan informasi/konsultasi/pertanyaan/tanggapan/saran/kritik anda seputar persidangan dan etika/perilaku hakim di dalam maupun luar dinas Kepada : Komisi Yudisial Republik Indonesia Penghubung Wilayah Sumatera Selatan melalui email: penghubungky@gmail.com fb: Komisi Yudisial Sumsel twitter : penghubungky Respon akan dimuat setiap 3 pekan

Pertanyaan Masyarakat :

Saya pihak yang sangat dirugikan atas rekayasa kasus sejak di kepolisian hingga kini masuk pengadilan. Saya mohon KY bertindak demi keadilan dan kebenaran yang sesungguhnya, karena rekayasa kasus berakibat kerugian begitu besar pada saya.

Pengirim : Teguh di Muba.

Respon:

Sebaiknya sampaikan permohonan pemantauan ke Komisi Yudisial RI dengan menyiapkan identitas pelapor, dilengkapi keterangan alamat surat, nomor telepon, nomor perkara, jadwal dan agenda persidangan, identitas majelis hakim dan panitera pengganti, kronologis singkat perkara, hingga uraian mengenai alasan diperlukannya pemantauan oleh Komisi Yudisial RI. Silahkan sampaikan ke kantor Komisi Yudisial RI Penghubung Wilayah Sumsel.

Pertanyaan Masyarakat :

Kami meminta KY mengganti majelis hakim pemeriksa perkara yang melibatkan klien kami sebagai terdakwa, karena hakim yang memeriksa perkara tersebut sangat terlihat berpihak kepada jaksa.

Pengirim : M Doni di Palembang

Respon:

Komisi Yudisial tidak diberikan wewenang mengganti mejelis hakim pada suatu perkara. Namun jika dalam suatu perkara terdapat banyak kejanggalan dan/atau dalam proses persidangan sejak tahap awal hingga akhir terdapat pelanggaran kode etik maupun aspek beracara, misalnya saksi ditiadakan, hakim membentak terdakwa dengan alasan yang bertentangan dengan aturan, dugaan suap, dan sebagainya. Maka dapat dilaporkan ke Komisi Yudisial dan diajukan permintaan pemantauan sidang. Silahkan sampaikan ke kantor Komisi Yudisial RI Penghubung Wilayah Sumsel.

Pertanyaan Masyarakat :

Kami menemukan banyak sekali mafia tanah yang duduk di pengadilan. Jadi mohon KY tolong memantau perkara mafia tanah di pengadilan agar rasa keadilan masyarakat dapat diwujudkan.

Koalisi Pengawasan Hukum RI di Palembang

Respon:

Sebaiknya segera menghubungi kantor Komsi Yudisial RI Penghubung Wilayah Sumel di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 07115734945 (Gedung Baznas Lantai 2 bagian kiri, Depan Kodam Sriwijaya) untuk didiskusikan lebih lanjut.

Pertanyaan Masyarakat :

Negara sudah mengatur hukuman untuk pengguna narkotika. Tapi mengapa hukuman hakim sangat tidak sesuai dengan tuntutan JPU. Kami meyakini ada main antara hakim dan jaksa.

Pengirim : Pers peduli di Palembang.   

Respon :

Dugaan pelanggaran kode etik hakim dapat disampaikan ke Komisi Yudisial dengan menyertakan identitas pelapor, identitas majelis hakim dan panieta pengganti, kronologis singkat perkara, bentuk dugaan pelanggaran kode etik hakim, rekaman/video/kliping koran pemeberitaan perkara (bila ada). Silahkan menghubungi Komisi Yudisial RI Penghubung Wilayah Sumel.

Pertanyaan Masyarakat

Pada putusan perkara gugatan harta bersama sangat tidak berpihak kepada kami. Kami minta keadilan dan KY membantu kami untuk memuat putusan lebih adil lagi.

Pengirim : Ari Noviandi di Banyuasin

Respon:  

Komisi Yudisial tidak diberikan wewenang mengubah putusan hakim, namun jika dalam putusan terdapat banyak kejanggalan dan/atau dalam proses persidangan sejak tahap awal hingga akhir terdapat pelanggaran aspek beracara, misalnya saksi ditiadakan, saksi tidak pernah memberikan keterangan di persidangan namun dalam putusan hakim ditulis memberi keterangan, adanya rekayasa dalam isi putusan, dugaan suap, dan sebagainya. Maka dapat dilaporkan ke Komisi Yudisial. Silahkan sampaikan ke kantor Komisi Yudisial RI Penghubung Wilayah Sumsel.

INFORMASI SELANJUTNYA :

Silahkan sampaikan ke kantor Komisi Yudisial RI Penghubung Wilayah Sumsel di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 07115734945 (Gedung Baznas Lantai 2 bagian kiri, Depan Kodam Sriwijaya). Dapat pula dikirim via pos/jasa kurir maupun email.

Kembali ke Kolom PKY Sumsel

Admin

Media Online From Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *