Sanggahan Usai, Hasil Pilkades Sukaraja Muaradua Kisam OKUS Berakhir Damai

Ilustrasi : Net/diolah/KS
Andarwin, Kepala Desa Sukaraja, Muaradua Kisam OKU Selatan (Foto.Dok.Pribadi/Caca)

MUARADUA | KabarSumatera.Com – Hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sukaraja, Kecamatan Muaradua Kisam, Kabupaten OKU Selatan (OKUS), pada Kamis, 4 Mei 2023 berakhir damai.

Sebelumnya, hasil pilkades di Desa Sukaraja, sempat menuai protes dan sanggahan dari calon kepala desa (kades) nomor urut.01, atas nama Muspan Hayadi, SH, terhadap calon kades nomor 02 atas nama Antoni Dekker, yang memenangi Pilkades Desa Sukaraja Kecamatan Muaradua Kisam OKUS.

Setelah hampir dua pekan berlalu, hasil Pilkades di desa ini, akhirnya diselesaikan secara damai, melalui musyawarah mufakat yang dimediasi pemerintah desa setempat.

Kepala Desa Sukaraja, Andarwin, dalam penjelasannya kepada awak media di OKU Selatan, mengatakan, semua pihak, terutama calon kades nomor urut.01 (Muspan Hayadi, SH), sudah menerima hasil Pilkades yang telah menjadi keputusan panitia Pilkades di desa tersebut.

“Alhamdulillah, calon kades nomor urut satu, dalam hal ini Muspan Hayadi, SH, dan juga para pendukungnya, sudah bisa menerima hasil keputusan akhir panitia pemilihan. Dengan demikian, sanggahan dan perbedaan pendapat hasil pemilihan kepala desa di Desa Sukaraja, sudah selesai. Proses selanjutnya, kita serahkan kepada pemerintah, baik kecamatan maupun kabupaten, dalam hal ini melalui dinas pemerintah desa, atau PMPD,” ujar Andarwin, ketika dimintai penjelasannya, Kamis, (18 Mei 2023).

Oleh sebab itu, Andarwin menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar dapat menjaga ketertiban dan kedamaian dari hasil Pilkades Desa Sukaraja, yang saat ini sudah selesai dengan damai.


Baco Jugo Berita Sebelumnyo : Diduga Berbau Politik Uang, Hasil Pilkades Sukaraja Muaradua Kisam, Bakal Digugat


“Saya dan pemerintah desa Sukaraja mengajak ke semua warga desa, semua calon kades, dan juga para pendukungnya, untuk menjaga ketertiban, keamanan, sehingga Desa Sukaraja, bisa tetap tenang dan damai sebagaimana harapan kita semua,” harap Andarwin, Kepala Desa senior, yang sejak Orde Baru (Presiden Soeharto) menjabat sebagai Kades di Sukaraja, hingga pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan jeda satu priode.

Jon Kenedi, SH, Pengacara/Advokat/Foto.Dok.KS

Sementara itu, Jon Kenedi, SH, Pengacara yang mendampingi Muspan Hayadi, SH menyatakan, pihaknya menghormati keputusan Pemerintah Desa (Pemdes) Sukaraja yang sudah mengambil inisiatif untuk melakukan musyawarah mufakat, terhadap sanggahan hasil Pilkades ini.

“Kami sangat menghargai dan menghormati putusan pemerintah desa dan jajarannya untuk menyelesaikan persoalan ini. Kami berharap dengan berakhirnya perbedaan pendapat hasil pilkades ini, semua berjalan dengan baik dan aman,” ujar Jon, ketika dimintai keterangan menyikapi hasil musyawarah dan mufakat Pemdes Sukaraja, Kamis, (18 Mei 2023)

Beiring dengan selesainya Pilkades serentak di OKU Selatan, yang telah digelar pada Kamis, 4 Mei 2023, menurut penjelasan Pemkab OKUS, melalui Dinas PMPD OKUS, direncanakan pelantikan kepala desa terpilih akan digelar pada 25 Mei 2023 di Pemkab OKU .**

TEKS / EDITOR : IMRON SUPRIYADI

Admin

Media Online From Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *